Tutorial Desain UI Website Menggunakan Figma

Berikut adalah tutorial singkat tentang bagaimana membuat desain UI website menggunakan Figma, dilengkapi dengan beberapa gambar untuk memudahkan pemahaman.



Langkah 1: Memulai Desain

  1. Buka Figma: Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar secara gratis di website Figma.
  2. Buat File Baru: Setelah masuk, buat file baru dengan mengklik tombol "New File" di dasbor.

Langkah 2: Menyiapkan Canvas

  1. Atur Ukuran Canvas: Pilih opsi "Frame" di panel sebelah kiri dan tentukan ukuran frame yang sesuai dengan desain website Anda (misalnya, 1366px x 768px untuk desktop).

  2. Tambahkan Background: Dengan memilih latar belakang canvas, Anda dapat menambahkan warna atau gambar sebagai latar belakang website Anda.

Langkah 3: Desain Header

  1. Tambahkan Element Header: Gunakan alat vektor atau alat "Rectangle" untuk membuat header. Anda dapat menambahkan logo, menu navigasi, dan elemen lainnya.

Langkah 4: Desain Body

  1. Tambahkan Section: Gunakan alat "Frame" untuk membuat section pada website Anda. Section ini bisa berisi konten seperti teks, gambar, dan tombol.

Langkah 5: Desain Footer

  1. Tambahkan Footer: Gunakan alat yang sama untuk membuat footer. Footer biasanya berisi informasi kontak, tautan sosial media, dan hak cipta.

Langkah 6: Pengaturan Responsif

  1. Gunakan Variants: Figma memungkinkan Anda membuat variant dari elemen desain untuk berbagai ukuran layar, seperti desktop, tablet, dan ponsel.

Langkah 7: Prototipe dan Interaksi

  1. Tambahkan Interaksi: Anda dapat menambahkan interaksi antar halaman atau elemen menggunakan fitur prototyping Figma. Ini memungkinkan Anda membuat tautan dan animasi.

Langkah 8: Berbagi dan Komentar

  1. Berbagi Desain: Setelah selesai, Anda dapat membagikan desain Anda dengan rekan tim atau klien Anda dengan mengundang mereka ke file Figma Anda.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah dasar untuk membuat desain UI website menggunakan Figma. Pastikan untuk terus berlatih dan eksperimen dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Figma untuk meningkatkan keterampilan desain UI Anda.

Post a Comment

0 Comments